Jumat, 20 April 2012

15 Foto-Foto Terbaik di Dunia (part-1)

Sumber : Gambarunik.com, kaskus

Berikut adalah 15 foto-foto terbaik di dunia (tapi versi tahun 2010, udah lama ya?? ga apa dech..)
Foto dan gambar terbaik di dunia yang pernah tercipta dan mendapatkan penghargaan, foto dari berbagai kondisi dan situasi yang menjadikannya terbaik sepanjang masa.


Mari kita cermati satu persatu di mana keunggulan, kemisteriusan dan mungkin juga kejanggalan foto-foto berikut ini :



1. AFGHAN GIRL (1984)

Diambil oleh fotografer National Geographic (NG) bernama Steve McCurry. Gadis ini adalah Sharbat Gula, salah satu murid di sekolah pusat penampungan pengungsi Afghanistan, diperkirakan berusia 12 tahun.
Yang menjadikan terkenal karena sangat jarang ada kesempatan untuk mengabadikan profil wajah wanita Afghan, perhatikan tatap matanya.


2. STRICKEN CHILD CROWLING TOWARDS A FOOD CAMP (1994)


Foto ini berhasil mendapatkan penghargaan Pulitzer. 
Diambil saat bencana kelaparan di Sudan, yang menggambarkan seorang anak merangkak menuju sebuah kamp PBB, yang terletak beberapa kilometer. Dan juga seekor burung bangkai yang sedang menunggu anak itu mati untuk dimakan.
Foto yang membuat seluruh dunia terkejut. Tak ada yang tahu bagaimana nasib anak tersebut, termasuk si fotografer Kevin Carter yang meninggalkan tempat kejadian segera setelah menjepretkan kamera. 
Tiga bulan kemudian Kevin Carter melakukan bunuh diri karena depresi.




3.  TOURIST GUY (2001)

Peter Guzli, nama turis ini, yang lagi action di gedung WTC dengan latar belakang sebuah pesawat yang dibajak teroris, saat peristiwa serangan 911 yang tersohor. Foto telah diedit disotoshop setelahnya. Konon foto ini ditemukan dari kamera di reruntuhan Ground Zero. Berhasil memenangkan penghargaan Best 9/11 Photoshoped picture contest.


4.  BURNINK MONK - THE SELF - IMMOLATION (1963)


Pada 11 Juni 1963, biksu Buddha Vietnam bernama Thich Quang Duc, nekad membakar diri sampai mati di tengah jalan. Sebagai bentuk protes terhadap tindakan represif pemerintah Vietnam Selatan dan meminta persamaan hak umat Buddha dengan umat Katolik. Fotografernya Malcolm Browne.




5.  THE POWER OF ONE (2007)




Foto yang berhasil meraih Pulitzer Breaking News Photography 2007. 
Foto milik Oded Bality (Associated press), menggambarkan kekuatan perempuan Yahudi yang sendirian menentang pasukan keamanan Israel, karena mereka akan menghapus pemukiman ilegal di Tepi Barat.




 

Demikian lima foto pertama..
(bersambung)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar