Senin, 21 Mei 2012

Gaya Hidup Kaum Freegan..

Sumber : yahoo, google dan lainnya

Kali ini saya akan coba bawa sahabat semua mengenal, walaupun sedikit, apa itu Gaya Hidup Kaum Freegan ???


 
Mungkin sudah puluhan kali kita pernah membaca artikel atau mendengar teman, para aktifis dan orang-orang yang anti kemapanan menyuarakan suaranya atas kemuakan mereka terhadap
consumerism atau gaya hidup konsumtif yang makin merajalela dan menjadi perhatian semua kalangan di era modern ini. 


Didasari alasan-alasan inilah paham-paham anti gaya hidup konsumtif mulai bermunculan di seluruh penjuru dunia, salah satunya adalah freeganism. Paham ini pertama kali muncul di Seattle dan Portland, Amerika Serikat, pada pertengahan tahun 90-an. Menggabungkan kata ‘free’ yang berarti gratis dan ‘vegan’ yang berarti vegetarian yang sama sekali tidak memakan daging dan segala produk yang dihasilkan dari makhluk hidup (seperti susu, telur, keju dll), walaupun pada prakteknya kini tidak semua freegan adalah seorang vegetarian atau vegan. Freegan sendiri menurut website Freegan info, adalah orang-orang yang menggunakan strategi alternatif untuk hidup berdasarkan pada pembatasan partisipasi dalam sistem ekonomi konvensional dan penggunaan sumber daya (baik alam maupun manusia) secara minimal. Dengan kata lain freegan berusaha untuk sebisa mungkin tidak membeli apapun termasuk makanan.




Singkatnya freegan adalah orang-orang yang mempunyai gaya hidup yang benar-benar anti-konsumerisasi, dalam bentuk yang benar-benar ekstrim...


Freeganism adalah boikot total sistem ekonomi di mana motif keuntungan telah menghilangkan cahayanya pertimbangan etika. Freegan sendiri adalah singkatan dari "Free" dan "vegan". Vegan adalah orang yang menghindari produk yang berasal dari hewan. Freegan seringkali dijuluki sebagai dumpster diving (di Amerika Utara) atau skipping/bin diving (di Inggris) dikarenakan aktivitas utama mereka adalah mencari makanan di tempat sampah toko kelontong, toko roti, restoran atau tempat industri makanan lain. 
 


Eits… jangan mengerutkan kening dan bilang jijik dulu! karena dengan begitu bukan berarti mereka mengais makanan sampah yang sudah dimakan atau makanan yang penuh dengan belatung diatasnya, no no no… mereka hanya mencari makanan yang masih layak konsumsi dengan packaging yang masih bagus, walau terkadang telah lewat tanggal kadaluarsanya beberapa minggu atau bahkan bulan (well… sekarang silahkan mengerutkan kening atau bahkan merasa mual;p). Selain makanan, freegan juga mencari furniture dengan cara yang sama atau dengan mem-barter-kan furniture mereka dengan freegan lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar